Gerakan Tanam Padi Gogo Bersama Dinas Petanian Dan Pangan

WARTO 20 November 2019 14:00:55 WIB

Bendungan SIDA. Petani di wilayah Padukuhan Gandu 2 yang tergabung dalam Kelompok Tani Mekarsari melakukan Gerakan Tanam Padi di musim tanam pertama (MT-1) periode 2019-2020. Gerakan Tanam Padi bersama Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul pada Rabu 20/11 bertempat di Bulak Gandu 1.

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan yang diwakili oleh Kepala Seksi Produksi Ngadiyono, Kasi Sarana dan Prasarana Kasiran, dan Kasi Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian dan Pangan. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Forkompinca Kecamatan Karangmojo dan Pemerintah Desa yaang diwakili oleh Ermina Palevi, SE selaku Plt. Kepala Desa Bendungan, Koordinator BPP Karangmojo bersama seluruh Tim BPP Karangmojo.

Mereka turun langsung kelahan pertanian, melakukan penanaman benih padi secara manual bersama Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Forkopimca Karangmojo, Kades dan para petani.  Usai penanaman benih padi, dilanjutkan dialog bersama dengan para petani dan penyuluh di  Sekretariat Kelompok Tani setempat. Aneka permasalahan yang dihadapi petani disampaikan dan dicarikan solusinya bersama-sama.

“Kami mengapresiasi kepada Kelompok Tani karena sudah melaksanakan apa yang menjadi maksud dan tujuan Pemerintah, bahwa bantuan padi gogo yang diberikan sebanyak 15 Hektare sudah benar-benar diwujudkan dilapangan. Sehingga harapannya peningkatan produksi bisa meningkat” ucap Kasi Produksi dalam sambutannya.

Dinas Pertanian dan Pangan juga menghimbau agar penanaman padi menggunakan teknik tajarwo (tanam jajar legowo) agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman padi bisa tercukupi dari segi respirasi atau pernafasan dan kebutuhan sinar matahari, sehingga produksi bisa menjadi lebih baik.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemah

Lokasi Bendungan

tampilkan dalam peta lebih besar