Sambut Desa Inklusi, Forum Disabilitas Terbentuk

WARTO 29 Maret 2019 11:16:08 WIB

Bendungan SIDA. Desa Bendungan terdiri dari 5 Padukuhan dengan jumlah penduduk total 2.335 jiwa. Dari jumlah tersebut terdaftar sekitar  29 warga penyandang disabilitas. Dengan difasilitasi oleh Pemerintah Desa Bendungan melalui APBDes Bidang Pembinaan Kemasyarakatan menganggarkan untuk pembentukan Forum Penyandang Disabilitas sebesar 1.050.000 ( Satu juta lima puluh ribu rupiah) bersumber dari dana ADD.

Kegiatan pembentukan Forum Penyandang Disabilitas mempunyai tujuan membangun komunikasi antara warga difabel dan non-difabel, serta meningkatkan partisipasi warga difabel dalam kegiatan masyarakat dan pembangunan wilayah. Sehingga akan timbul pemahaman di masyarakat bahwa keterbatasan fisik dan mental bukan menjadi penghalang antar warga. Mereka mempunyai hak yang sama untuk mengawal pembangunan, perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi kebijakan yang ada di desa.

“Pembentukan Forum Penyandang Disabilitas sebagai langkah awal untuk menjalin silaturahmi antar penyandang disabilitas ditingkat desa, karena dengan silaturahmi akan melancarkan rejeki dan memanjangkan umur. Juga mempunyai harapan bahwa kedepan mempunyai tujuan untuk mengembangkan kelompok difabel di tingkat desa, dengan semangat untuk memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas,” ujar Rukmini, S.Sos Kasi Kesos Kecamatan Karangmojo yang pada saat itu (29/3) hadir diforum tersebut mewakili Camat Karangmojo.  Upaya ini sekaligus untuk merangkul penyandang difabel di desa Bendungan yang masih membatasi diri dengan lingkungannya.

Pemerintah Desa Bendungan juga mempunyai harapan bahwa dengan terbentuknya forum difabel ini menjadi unsur utama terwujudnya Desa Bendungan menjadi Desa Inklusi yaitu desa dengan kesetaraan hak dan partisipasi antara kaum difabel dan non-difabel.

Untuk tahun 2019 ini Pemerintah Desa baru memfasilitasi anggaran untuk pembentukan Forum Difabel, sedangkan untuk anggaran kegiatan akan dianggarkan mulai tahun 2020 sesuai dengan program kerja yang nanti akan disusun oleh forum tersebut.

Dalam forum pembentukan pengurus tersebut terpilih sebagai ketua Forum Penyandang disabilitas adalah Naryadi (69) warga Padukuhan Watudalang. Belau adalah penyandang tuna dhaksa.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemah

Lokasi Bendungan

tampilkan dalam peta lebih besar