Pemeriksaan DTKB Posyandu Gandu 2

WARTO 04 April 2018 13:33:33 WIB

Bendungan SIDA. Beberapa pasang mata mungil nampak mengawasi dengan rasa ingin tahu, dorongan keingintahuan akhirnya menggerakan bahu-bahu dan tangan mereka bergerak mengantar mata dan telinga lebih dekat, karena tak puas beberapa dari mereka akhirnya perlahan beringsut kearah sumber keingintahuan. Balita Padukuhan Gandu 2 ini sedang mengikuti acara Posyandu rutin bulanan.

Petugas Puskesmas Karangmojo 2 beserta ibu-ibu kader Posyandu melakukan kegiatan rutin berupa Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita atau sering di sebut DTKB. Bertepatan pada hari Rabu, 4 April 2018 kegiatan dilakukan di Posyandu Padukuhan Gandu 2. DTKB merupakan kegiatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) dibawah program Kesehatan Ibu, Bayi dan Balita. Dalam kegiatan tersebut dilakukan pemeriksaan antropometri berupa pemeriksaan BB/TB/LK atau pemeriksaan Berat Badan terhadap Tinggi Badan dan Lingkar Kepala yang merupakan deteksi dini penyimpangan pertumbuhan, selain dari pada itu dilakukan juga deteksi dini penyimpangan perkembangan meliputi pemeriksaan KPSP (Kuisioner Pra Skrining Perkembangan),TDD (Tes Daya Dengar) dan TDL (Tes Daya Lihat) dan mulai usia 18 bulan dilakukan deteksi dini penyimpangan mental emosional KMME (Kuisioner Masalah Mental Emosional), CHAT (Checlist for Autism in Toddlers-cek list Deteksi Dini Autis) dan GPPH (Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas), untuk kedua jenis pemeriksaan terakhir dilakukan menurut indikasi bila diperlukan.

Keberadaan Posyandu sendiri salah satunya adalah untuk mendukung perbaikan gizi dan kesehatan balita. Di Posyandu inilah orang tua akan mendapatkan pendidikan dan pengetahuan tentang gizi dan kesehatan balita serta makanan-makanan yang baik untuk mendukung pertumbuhan balita. Orang tua balita juga dapat bertanya melalui kader-kader yang ada di Posyandu tentang banyak hal pemberian gizi yang baik untuk sang buah hati, termasuk juga upaya perbaikan gizi dan pencegahan terhadap gizi buruk.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemah

Lokasi Bendungan

tampilkan dalam peta lebih besar