Memanfaatkan Lahan Kering Untuk Ketahanan Pangan

WARTO 25 Agustus 2020 11:09:26 WIB

Bendungan SIDA. Pasca panen masa tanam kedua sebagian petani yang telah mulai menggarap lahanya untuk ditanami komoditas lain. Bawang merah menjadi pilihan disamping tanaman-tanaman sayuran yang lain. Walaupun baru dalam skala kecil namun sudah ada upaya dari masyarakat dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan.

Untuk area padukuhan Bendungan warga masyarakat memanfaatkan sumur bor bantuan dari Pemerintah Kalurahan tahun anggaran 2019 untuk usaha pertanian. Beberapa warga yang mempunyai lahan diseputaran sumur bor radius 400 meter yang masih terjangkau aliran air memanfaatkan lahan mereka untuk menanam aneka sayuran dan Hijauan Makanan Ternak. Pak wasno yang merupakan ketua kelompok tani Ngudi Rejeki padukuhan Bendungan memanfaatkan tanah kas desa untuk menanam bawang merah.

Untuk sektor selatan diwilayah Gandu 1 dan Gandu 2 juga banyak masyarakat yang mencoba menanam bawang merah dan sayuran yang lain. Mereka berpendapat meskipun hasil panen tidak dijual minimal bisa mengurangi angka pengeluaran untuk belanja sehari-hari karena sudah bisa metik atau hasil panen dikebun sendiri.

“Ini merupakan langkah awal yang baik bagi warga masyarakat dan patut dikembangkan di wilayah kalurahan Bendungan karena selama ini masih jarang warga yang memanfaatkan pekarangan selama musim kemarau” ungkap Ulu-ulu kalurahan Bendungan. Tahun 2021 Pemerintah Kalurahan Bendungan akan menggelontorkan lagi anggaranya untuk pembuatan sumur ladang di APBKal menggunakan lokasi dari Dana Desa. Tahun ini 2020 sebetulnya dalam RKP ada kegiatan pembuatan sumur ladang namun karena ada anggaran tak terduga untuk penanganan Covid-19 kegiatan tersebut dibatalkan dan ditunda untuk tahun berikutnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemah

Lokasi Bendungan

tampilkan dalam peta lebih besar