Rembug Stunting 2020 Kalurahan Bendungan

WARTO 23 Juli 2020 13:27:00 WIB

Bendungan SIDA. Pemerintah Kalurahan Bendungan menggelar rembug stunting di Ruang Rapat Kalurahan Bendungan, Kamis (23/7/2020). Rembug stunting yang mengambil tema “Strategi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting di Kalurahan Bendungan” ini dibuka secara resmi oleh Santosa, S.Sos Lurah Bendungan bersama Jawatan Kemakmuran Kapanewon Karangmojo Ngateno dan petugas dari Puskesms Karangmojo 2.

Kegiatan ini diikuti oleh kader POSYANDU se Kalurahan Bendungan, BPD, dan semua pamong kalurahan. Lurah Bendungan Santosa, S.Sos mengungkapkan dalam sambutan pembukaannya “ Kalurahan Bendungan berkomitmen agar angka stunting di Kalurahan Bendungan adalah 0, dengan tetap komitmen menganggarkan dalam APBKal berupa pemberian PMT”, ujarnya.

Dalam uraian yang disampaikan Petugas dari Puskesmas Karangmojo 2 menerangkan kondisi prevalensi stunting di Kalurahan Bendungan tahun 2020 sebesar 22,7% atau sejumlah 20 balita dari 88 balita yang diukur.

Menurut Panewu Anom, Suendartini, S.Sos, M.Si dalam sambutannya menyampaikan stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak. Pihak pertama yang paling bertanggung jawab atas kesehatan anak adalah calon ibu dan bapak, dimana proses mulai dilakukan sejak janin dalam kandungan. Sejak itulah seorang ibu harus benar-benar memperhatikan asupan gizi tinggi.

“Oleh karena itu pencegahan stunting menjadi permasalahan yang harus dihadapi dan ditanggulangi secara terpadu dan terintegrasi melalui kolaborasi semua pihak, pemerintah, dan yang paling berperan adalah dimulai dari lingkungan keluarga dan masyarakat sebagai individu atau pribadi, khususnya dalam pengetahuan gizi perilaku hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemah

Lokasi Bendungan

tampilkan dalam peta lebih besar