Warga Gandu 1 Dimakamkam Dengan Protokol Covid-19

WARTO 18 Mei 2020 10:01:02 WIB

Bendungan SIDA. Satino (56) warga padukuhan Gandu 1 menjadi warga desa Bendungan pertama yang pemakamanya dilakukan dengan protokol standart covid-19.  Yang bersangkutan meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari. Berdasarkan informasi yang disampaikan pihak keluarga, Satino bekerja di daerah Sleman dan pulang kerumah dua hari sebelumnya.

Dituturkan oleh menantunya yang merupakan warga Randukuning Selang Wonosari bahwa Minggu 17/5 sekitar pukul 13.30 yang bersangkutan tiba-tiba kejang dan tidak sadarkan diri. Karena tetangga tidak ada yang berani memberikan tindakan karena khawatir itu disebabkan corona akhirnya menantunya berinisiatif mengangkat yang bersangkutan kedalam mobil dibantu oleh tetangganya yang kebetulan merupakan Satpam RSUD Wonosari. “ Jadi tidak benar kalo mertua saya itu dijemput dengan mobil ambulan khusus covid RSUD Wonosari, yang mebawa ke RSUD ya saya sendiri” tuturnya.

Dokter menyatakan bahwa kondisi pasien sudah tidak memungkinkan untuk ditolong karena terjadi pendarahan diotak yang cukup parah selanjutnya dimasukkan kebangsal khusus covid untuk mendapat perawatan dan Senin 18/5 sekitar pukul 00.30 dinyatakan meninggal dunia.

Karena yang bersangkutan dirawat dibangsal covid sehingga prosesi pemakaman harus menggunakan protokol standart covid-19, 4 jam setelah dinyatakan meninggal harus segera dimakamkan. Kesigapan warga dalam menanggapi kejadian ini sangat kompak sehingga pukul 04.00 penggalian makam sudah selesai. Karena menunggu proses administrasi dari RSUD cukup lama jenazah baru sampai makam kurang lebih pukul 07.00 dan laangsung dimakamkan oleh petugas berseragam APD lengkap dengan dibantu beberapa warga masyarakat. Pada saat pemakaman hadir juga Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas yang menunggui sampai prosesi selesai.

Dari surat keterangan dokter RSUD yang ditunjukkan kepada kontributor bahwa dari hasil rapid test almarhum dinyatakan negatif covid-19, namun demikian pihak keluarga yang bersinggungan langsung dengan pasien akan melakukan isolasi secara mandiri untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemah

Lokasi Bendungan

tampilkan dalam peta lebih besar