Sidang Penetapan Perubahan APBDes 2020

WARTO 15 Mei 2020 19:19:46 WIB

Bendungan SIDA. Pemerintah Desa Bendungan bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jumat 15/5 mengadakan sidang penetapan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2020.  Hal tersebut dilakukan terkait dengan adanya wabah pandemi Covid-19 yang berdampak pada pemotongan anggaran dari berbagai sumber. Hampir dari semua sumber pendapatan mengalami pemotongan anggaran baik itu ADD, Dana Desa maupun Bagi Hasil Retribusi Pajak. Sehingga mau tidak mau Pemerintah Desa harus melakukan perubahan diberbagai anggaran dan penambahan kegiatan baru yaitu penanganan Covid-19.

Ketua BPD Widiyanto dalam sambutan pembukaanya menyampikan ucapan selamat datang kepada semua peserta rapat baik dari unsur BPD maupun Perangkat Desa. “Sebelum kita sepakati bersama mari kita cermati bersama-sama uraian draf APBDes Perubahan yang akan disampaikan oleh Pemerintah Desa. Jika ada hal-hal yang perlu disampaikan untuk evaluasi agar disampaikan dalam sesi tanggapan” urainya.

Kepala Desa Santosa, S.Sos juga menyampaikan hal yang sama dalam sambutannya. “Dampak dari adanya bencana non alam Covid-19 ini yang memaksa Pemerintah Desa untuk merombak APBDes yang ada dari yang semula sebesar 1.582.115.623 menjadi 1.462.308.316. Dari angka tersebut terjadi penurunan sebesar 119.807.307. Penurunan tersebut terjadi akibat dari pemangkasan transfer baik dari Dana Desa, ADD Kabupaten dan Bagi hasil retribusi pajak”.

Dari penurunan itu banyak kegiatan yang dihapus ditunda untuk tahun berikutnya antara lain kegiatan sarpras, RTLH, Program Jamban sehat, SPAL dan berbagai kegiatan pelatihan-pelatihan untuk kelompok masyarakat. THR untuk perangkat desa dan BPD juga ikut terdampak penghapusan. Realokasi kegiatan untuk penanganan Covid-19 yang semula tidak ada mendapat alokasi sebesar hampir 30 juta rupiah.

Setelah dilakukan pencermatan dan pembahasan akhirnya sidang penetapan APBDes Perubahan Tahun Anggaran 2020 disetujui oleh forum rapat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemah

Lokasi Bendungan

tampilkan dalam peta lebih besar